Selasa, 18 Juli 2017

2 Cara Membuat Video Presentasi Dari Microsoft Office PowerPoint 2016

1. Membuat Video Presentasi Dari Microsoft Office PowerPoint

Cara mengubah file PPT (Power Point) menjadi video presentasi dapat dilakukan dengan mudah pada aplikasi presentasi standar dari Microsoft office Powerpoint yang hanya dilakukan dalam beberapa langkah mudah melalui menu export ke dalam format mp4.
2 Cara Membuat Video Presentasi Dari Microsoft Office PowerPoint 2016
Buat teman-teman yang tertarik untuk membuat sebuah video presentasi, silahkan simak artikel berikut ini yang ditujukan khususnya bagi para guru dan dosen serta orang-orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran di tingkat SD SMP SMA bahkan di perguruan tinggi serta masyarakat secara umum di Indonesia yang di akhir artikel akan dilengkapi dengan sebuah video tutorial supaya lebih jelas dan lengkap.

Pengertian Presentasi berbasis Aplikasi Presentasi microsoft PowerPoint (file PPT) telah dijelaskan pada artikel sebelumnya silahkan dilihat pemaparannya dan juga salah satu cara membuat powerPoint keren dengan custom animasi yang dapat dilakukan dengan mudah microsoft Office Powerpoint 2016 lengkap dengan video tutorial cara pembuatannya.

Sedangkan video presentasi merupakan serangkaian gerak slide show dengan konten text, gambar, animasi dan suara yang dapat langsung diputar melalui aplikasi pemutar video dalam komputer atau laptop yang bisa dihubungkan dengan LCD proyektor untuk menghasilkan layar yang lebar. Dalam artikel sebelumnya juga telah dijelaskan bagaimana cara membuat video pembelajaran dengan mudah dan cepat secara online pada website powtoon, dimana dalam website tersebut disediakan banyak sekali template yang mendukung animasi kartun sehingga presentasi menjadi lebih menarik untuk digunakan dalam presentasi dan kita tinggal mendownload hasil dalam bentuk file video (MP4).

Namun jika teman-teman hanya ingin membuat sebuah video presentasi dari slide PowerPoint yang telah dibuat, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan video presentasi:

Cara Membuat Video Presentasi Dari Microsoft Office PowerPoint 2016

  • Pertama Buatlah slide PowerPoint seperti biasa atau boleh dilihat cara membuat presentasi dengan template animasi
  • Setelah kita mendapatkan sebuah file presentasi berekstensi PPT dan telah dipastikan slide soalnya berjalan baik maka langkah selanjutnya adalah mengekspor file presentasi ke dalam format file video yaitu ekstensi MP4, caranya klik di menu File kemudian pilih export, pilih create a video kemudian create video.
  • Berikan nama file video yang akan dibuat dan pilih destinasi folder hasil export kemudian klik tombol save
  • Dalam beberapa detik atau menit jika slide show nya banyak maka membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam mengkonversi powerpoint ke bentuk video
  • Selesai proses export video bisa langsung lihat hasilnya
Selain microsoft Powerpoint 2016 proses export file presentasi ke dalam video presentasi juga dapat dilakukan di 2 versi sebelumnya yaitu microsoft PowerPoint 2010 dan 2013. Untuk lebih jelasnya berikut ini video tutorial Bagaimana cara membuat video presentasi dari microsof Office Powerpoint 2016:

2. Membuat Video Presentasi Dengan Screen Recorder

Selain mengekspor dari Microsoft PowerPoint pembuatan video presentasi juga dapat dilakukan dengan aplikasi perekam screen seperti free screen recorder dari free Studio, ice-cream screen recorder, ezvid video maker, atomi activepresenter, screenpresso, screen Recorder dan banyak lagi yang lainnya yang bisa di searching di Google. Jadi silakan teman-teman pilih aplikasi yang akan digunakan untuk merekam screen, untuk artikel ini sendiri tutorialnya akan menggunakan free Screen Recorder dari Studio.

Aplikasi free Studio adalah merupakan sebuah paket multimedia yang komplit dari developer dVD video soft yang diberikan secara gratis dalam lima bagian yang sangat mudah yaitu downloader, uploader, converter, recorder dan editor dengan fitur yang diberikan oleh tool ini yaitu :
  • Download dan convert video YouTube ke file mP4 dan MP3 untuk semua komputer, apple Android dan Windows
  • Convert video dan audio dari beberapa format yang berbeda seperti format iPhone, iPad, iPod, windows dan perangkat Android
  • Edit video dan audio
  • Merekam layar untuk video dari desktop dan screenshot
  • Merekam video dan audio dari aplikasi Skype
  • Upload video dan musik ke Youtube dan Facebook
  • Download file video dari YouTube Instagram Dailymotion niko Niko dan coub
Aplikasi support Windows 10, 8, 7, vista, dan xp3

Prinsip yang digunakan dalam pembuatan video presentasi menggunakan aplikasi Screen Recorder ini adalah menangkap semua capture layar dan suara yang kemudian akan dijadikan sebuah file video sebagai output dari aplikasi ini.

Jadi video ini boleh dikatakan sebagai behind the screen sebuah presentasi yang akan ditampilkan. Dengan demikian temen-temen akan lebih menghemat energi untuk melakukan presentasi yang sifatnya berulang-ulang dengan materi pembahasan yang sama karena cukup membuat 1 kali rekaman presentasi dan dapat diputar dibeberapa tempat atau audiens yang berbeda.

Tips ini mungkin sangat cocok untuk para guru yang mengajar di banyak kelas dengan materi pembelajaran yang sama sehingga pembelajaran pun lebih efektif dan guru tinggal menjelaskan hal-hal yang mungkin kurang jelas dari video tersebut.

Lalu Bagaimana Cara Pembuatan Video Presentasi Dengan Screen Recorder?

Berikut ini langkah-langkah pembuatannya :
  • Pertama pastikan aplikasi Screen Recorder sudah terinstal dan siap digunakan lengkap dengan headset atau microphone untuk merekam suara presentasi
  • Siapkan slide presentasi dalam bentuk file pPT
  • Atur aplikasi Screen Recorder pada settingan rekam dari Windows kemudian klik tombol berwarna merah bulat di bawah untuk memulai merekam layar
  • Kemudian jalankan PowerPoint seperti kita sedang berpresentasi di depan kelas atau audiens
  • Selesai melakukan perekaman hingga slide terakhir, tekan tombol kotak dibagian bawah untuk mengakhiri layar.
  • Lihat hasil video program presentasi yang telah dilakukan, jika ada yang harus dipotong atau ditambahkan silakan melakukan pengeditan
  • Selesai dan video siap untuk dipresentasikan.
Demikian artikel singkat tentang bagaimana cara membuat video presentasi semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon